Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN SPATIAL AUTOREGRESSIVE DAN SPATIAL ERROR MODEL DALAM PEMODELAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI SUMATERA BARAT

ATIKA ISMAH ARIFANI, - (2023) PERBANDINGAN SPATIAL AUTOREGRESSIVE DAN SPATIAL ERROR MODEL DALAM PEMODELAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan upaya pembangunan kualitas hidup manusia yang telah dicapai. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Badan Pusat Statistik Sumatera Barat tahun 2020. Pertumbuhan IPM di suatu wilayah dapat dipengaruhi oleh faktor geografis yaitu besarnya angka IPM di suatu wilayah dapat mempengaruhi angka IPM pada wilayah yang berdekatan sehingga faktor geografis diduga dapat mempengaruhi dan memberikan efek dependensi spasial pada nilai IPM di suatu wilayah. Indeks Pembangunan Manusia dipengaruhi oleh faktor-faktor diantaranya angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, pengeluaran per kapita. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan pada faktor yang berpengaruh terhadap IPM di Provinsi Sumatera Barat. Unit pengamatan pada penelitian ini adalah 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Regresi Klasik dan Spatial Autoregressive (SAR). Hasil penelitian menunjukkan keempat faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Regresi Spatial Autoregressive memiliki nilai AIC. Model Spatial Autoregressive memiliki AIC yaitu -23,5460 yang lebih kecil daripada AIC model Regresi Klasik sebesar 11,0465, artinya model Spatial Autoregressive adalah model terbaik untuk pemodelan indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Barat tahun 2020. Kata Kunci : Indeks Pembangunan Manusia, Provinsi Sumatera Barat, Spatial Autoregressive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:29
Last Modified: 30 Jan 2023 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68556

Actions (login required)

View Item View Item