Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

RAISA BERLIAN, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (KECVUALI BAB IV)
kecuali bab iv.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Raisa Berlian, (2023) : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPA berbasis Lectora Inspire yang valid, praktis, serta efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV SDM 019 Bangkinang, SDN 002 Kuok, dan SDM 020 Kuok. Data diperoleh dari lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, dan test (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh dari uji validitas pada aspek materi sebesar 85% dengan kategori sangat layak, dari aspek bahasa diperoleh sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan dari aspek media diperoleh sebesar 98% dengan kategori sangat layak. Pada aspek praktikalitas oleh guru diperoleh sebesar 96% dengan kategori sangat praktis, sedangkan praktikalitas oleh siswa diperoleh sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Lebih lanjut, skor N-Gain di SDM 019 Bangkinang adalah sebesar 0,73 dengan kategori keefektivan sedang. Skor N-Gain di SDN 002 Kuok adalah sebesar 0,69 dengan kategori keefektivan sedang, dan skor N-Gain di SDM 020 Kuok adalah sebesar 0,75 dengan kategori keefektivan sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas IV Sekolah Dasar valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Keterampilan Proses.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:32
Last Modified: 30 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68550

Actions (login required)

View Item View Item