Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN KESESUAIAN KALAM KHABARI DENGAN MUQTADI DZAHIR DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMAHAMI MAKNA AYAT DALAM AL QUR’AN ) PEMBELAJARAN ANALISIS DALAM SURAH AL KAHFI )

ELIZA OKTAVIA, - (2023) PENGGUNAAN KESESUAIAN KALAM KHABARI DENGAN MUQTADI DZAHIR DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMAHAMI MAKNA AYAT DALAM AL QUR’AN ) PEMBELAJARAN ANALISIS DALAM SURAH AL KAHFI ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELIZA OKTAVIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eliza oktavia, ( 2023 ) : penggunaan kesesuaian kalam khabari dengan muqtadi dzahir dan implikasinya dalam memahami makna ayat dalam al qur’an ) pembelajaran analisis dalam surah al kahfi ) Kalam khabari merupakan salah satu kajian ilmu ma’ani. Kalam ini menjelaskan tentang kemungkinan benar atau salahnya suatu informasi. Khabar dikatakan benar jika sesuai dengan kenyataan dan dinyatakan salah jika tidak sesuai dengan kenyataan. Dalam menyampaikan informasi atau khabar kita harus mengetahui kemampuan dari lawan bicara ( muqtadi dzahir). Setelah mengetahui sejauh mana kemampuan dari lawan bicara kita dapat memilih jenis kata (udrub) yang tepat dalam menyampaikan informasi sehingga informasi mudah diterima dan di pahami oleh lawan bicara. Adapun pilihan kata yang tepat sesuai dengan kemampuan lawan bicara disebut dengan ijra’. Namun, jika pemilihan kata tidak sesuai dengan kemampuan lawan bicara disebut dengan khuruj. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mencari kesesuaian antara ayat yang mengandung kalam khabari dalam Al – Qur’an surat Al-Kahfi dengan keadaan lawan bicara yang ditujukan dalam ayat tersebut. Dengan mengetahui kesesuaian kalam khabari dalam ayat tersebut kita mudah memahami ayat tersebut dan mengetahui tujuan dari ayat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka yang seluruh datanya berdasarkan referensi kepustakaan berupa buku, jurnal, dan penelitian ilmiah. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder. Sumber primernya adalah Al – Qur’an yaitu surat Al-Kahfi dan kitab – kitab yang berhubungan dengan pembahasan yaitu kitab Balaghah al wadih, irabul qur’an, al-kashaf, tafsir al-munir, dan ash-shafwah. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, makalah dan lainnya. Langkah – Langkah penelitian dilalui dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian peneliti menemukan 58 ayat yang menunjukkan kalam khabari dalam surah al-kahfi dengan 45 jumlah menunjukkan ijra’ dan 16 jumlah menunjukkan khuruj Implikasinya dalam memahami makna ayat dalam surat al kahfi adalah mengetahui maksud dan tujuan dari ayat tersebut. Kata kunci: analisis, kalam khabari, muqtadi dzahir, udrub, ijra’, khuruj, memahami makna ayat, surah al-kahfi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:20
Last Modified: 30 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68547

Actions (login required)

View Item View Item