Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SEKOLAH DASAR 003 SENDAYAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

RINA OKTORA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SEKOLAH DASAR 003 SENDAYAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINA OKTORA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABTRAK Rina Oktora, (2023): Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Di Sekolah Dasar 003 Sendayan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pemebelajaran snowball throwing . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam . Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Sendayan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Sendayan dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam . Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebelum tindakan diperoleh rata-rata 60% dengan kategori Kurang Baik. Lalu pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 69% dala kategori Cukup Baik. Dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 84% dan sudah termasuk dalam kategori Sangat Baik. Kata Kunci: Model Snowball Throwing, Mengemukakan Pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:02
Last Modified: 30 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68533

Actions (login required)

View Item View Item