Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PENGOPERASIAN TURBIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK ASESSMENT (RA) DAN JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan)

RAJANDRA FAHLEVI, - (2023) ANALISA IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PENGOPERASIAN TURBIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK ASESSMENT (RA) DAN JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV-V (PEMBAHASAN))
watermak bab iv-v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (TANPA BAB IV-V)
watermak tanpa bab iv-v.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PENGOPERASIAN TURBIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK ASESSMENT (RA) DAN JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan) RAJANDRA FAHLEVI 11752102131 Tanggal Sidang : 18 Januari 2023 Tanggal Wisuda : Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, operasi, dan maintenance. Banyak divisi pekerjaan yang dimiliki oleh PT PJB salah satunya bagian pengoperasian Turbin. Pada lingkungan kerja Turbin perlunya para pekerja tetap menjaga keselamatan dan kesehatannya dalam bekerja. Maka dilakukan analisa kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja pada pengoperasian Turbin dengan menggunakan metode Risk Asessment dan Job Safety Analysis yang diharapkan akan mampu membuat para pekerja bekerja lebih aman dan kondusif untuk kedepannya. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat beberapa potensi bahaya yang terjadi pada saat mengoperasikan Turbin, seperti masih terdapat pekerja yang tidak menggunakan APD saat bekerja serta lingkungan kerja yang masih terdapat beberapa ceceran air dan minyak, potensi gangguan pendengaran dikarenakan suara mesin yang keras yang bisa menyebabkan pekerja terganggu pada saat bekerja. potensi bahaya yang terjadi yaitu tergelincir, tangan terjepit, tersengat listrik, kebisingan, kepala terbentur, serta terpapar panas. Oleh karena itu diperlukan usulan perbaikan pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan metode Risk Asessment dan Job Safety Analysis. Kata kunci : JSA, Kesehatan dan Keselamatan Kerja,. Risk Asessment, Turbin,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:23
Last Modified: 30 Jan 2023 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68530

Actions (login required)

View Item View Item