Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Whatsapp Terhadap Pembelajaran Siswa SMA Negeri 1 Rimba Melintang Rokan Hilir.

FARIDA, - (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Whatsapp Terhadap Pembelajaran Siswa SMA Negeri 1 Rimba Melintang Rokan Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (hasil penelitian)
HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
FARIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa waktu yan lalu dikarenakan adanya wabah COVID-19 yan melanda dunia diakhir 2019 hinga akhir 2022, pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk siswa di liburkan beberapa waktu namun siswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehinga sudah beberapa bulan ini guru-guru harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di SMAN 1 Rimba Melintan Rokan Hilir pembelajaran ekonomi kelas XI yang dimana proses belajar siswa tetap dilaksanakan melalui aplikasi whatsapp.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Rimba Melintang dengan ukuran ketuntasan KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran ekonomi XI IPS 1 dam 3 orang siswi kelas XI 1 IPS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika dilihat dari hasil belajar nilai rata-rata mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 pada pembelajaran jarak jauh (daring) semester genap 2021/2022 diperoleh nilai rata-rata kelas XI IPS 1 sebesar 78,3 sementara jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 pada semester ganjil dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 74,6. Maka perolehan hasil belajar siswa pada semester genap ini mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa jika dilihat perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada semester genap maka pembelajaran jarak jauh (daring) dapat dikatakan telah efektif. Namun jika dilihat dari berbagai masalah yang dihadapi maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring tersebut masih kurang efektif dan masih harus terus ditingkatkan dan diperhatikan lagi baik itu dari guru maupun dari siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:40
Last Modified: 30 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68528

Actions (login required)

View Item View Item