Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DUSTURIYYAH

WULANDARI NASUTION, - (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DUSTURIYYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WULANDARI NASUTION.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wulandari Nasution, (2022) :Implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru Menurut Perspektif Fiqh Siyasah Dusturiyyah. Skripsi ini menjelaskan tentang Impelementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Sekolah Ramah Anak Menurut Perspektif Fiqh Siyasah Dusturiyyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat permasalahan dan pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pendidikan di Kota Pekanbaru seperti bulling, mencubit dan memukul. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah, Bagaimana Implementasi Peraturan Menteri PPA Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Pekanbaru, Bagaimana faktor pengahambat Implementasi Peraturan Menteri PPA Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak dan Bagaimana pandangan fiqh siyasah dusturiyyah terhadap Implementasi Peraturan Menteri PPA Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, SD Negeri 188 Kota Pekanbaru, SD Negeri 152 Pekanbaru, SD Teknologi, SD IT Al-Izhar School, SD IT Ibnu Qoyyim. Sifat penelitian ini adalah deskriptif Analitis. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Pegawai bidang Pemenuhan Hak Anak, Guru SD Sederajat, siswa dan untuk objek penelitian ini ialah Implementasi Peraturannya. Untuk populasi ialah seluruh sekolah yang telah ditetapkan sebagai Sekolah Ramah Anak. Selanjutnya, untuk sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu SD Negeri 188 Kota Pekanbaru, SD Negeri 152 Kota Pekanbaru, SD Teknologi, SD IT Al-Izhar School, SD IT Ibnu Qoyyim. Data penelitian ini bersumber dari observasi, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif Selanjutnya dituangkan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan metode deduktif, induktif dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru, disimpulkan bahwa pelaksanaan peraturan Menteri di lima sekolah tersebut belum terlaksana secara optimal. Adapun beberapa faktor penghambat baik dari pihak sekolah maupun luar sekolah. Kemudian untuk Implementasi berdasarkan PERMEN PPA Tentang Sekolah Ramah Anak Menurut Perspektif Fiqh Siyasah Dusturiyyah, sudah sesuai dengan tujuan dibuatnya ketetapan hukum karena demi kemashlahatan sesuai dengan kaidah Fiqh Kemudharatan harus dihilangkan dan bahaya dicegah sebisa mungkin. Kata Kunci : Implementasi, Sekolah Ramah Anak, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:25
Last Modified: 30 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68524

Actions (login required)

View Item View Item