Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP/MTs

Mahyu Kartika, - (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
MAHYU KARTIKA FULL.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahyu Kartika, (2023): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis model pembelajaran Quantum Teaching yang valid, praktis dan efektif pada Relasi dan Fungsi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kateman. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan serta siswa SMPN 1 Kateman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2. Objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Quantum Teaching pada materi relasi dan fungsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model pembelajaran Quantum Teaching dinyatakan valid dengan tingkat kevalidan 0,864. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 8 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis model pembelajaran Quantum Teaching sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 93,13%. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan rekapitulasi data pretest dan posttest dengan uji-t, diperoleh nilai ix sebesar dan nilai dengan taraf signifikan dan N = 8 sebesar maka atau , sehingga H a diterima dan H ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah menggunakan LKS berbasis model pembelajaran Quantum Teaching. Hal ini menunjukkan LKS berbasis model pembelajaran Quantum Teaching yang telah dikembangkan memiliki dampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa atau efektif untuk digunakan dalam memfasilitasi belajar siswa. 0 Kata kunci : lembar kerja siswa (lks), model addie, model quantum teaching, serta relasi dan fungsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:29
Last Modified: 30 Jan 2023 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68513

Actions (login required)

View Item View Item