TRI MUTAQIN MUSLIM, - (2023) APLIKASI BELAJAR BAHASA PERANCIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SPEECH RECOGNITION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Perancis adalah bahasa yang penting dalam komunikasi Internasional. Mempelajari bahasa Perancis dilakukan dengan cara mengikuti kursus bahasa dan kekurangan pada proses mempelajari bahasa yaitu, terbatasnya waktu pertemuan pengajar dengan peserta didik secara tatap muka. Peserta didik bahasa Perancis yang mengalami kesulitan dalam berbicara maupun pelafalan aksen karena kurangnya penguasaan dalam faktor kebahasaan. Kesulitan yang paling sering dialami adalah karena kurangnya penguasaan pada kosakata, penekanan suara pada kalimat, penggunaan kalimat, dan penguasaan materi. Alternatif lain dalam belajar bahasa Perancis adalah dengan menggunakan mobile learning application. Dari perbandingan yang telah dilakukan terhadap 2 aplikasi belajar bahasa Perancis yang popular di playstore, belum terdapat aplikasi belajar bahasa Perancis yang menggunakan fitur speech recognition untuk belajar pengucapan kalimat Bahasa Perancis. Penelitian ini dirancang untuk aplikasi pembelajaran bahasa Perancis berbasis android menggunakan speech recognition. Aplikasi ini dibangun menggunakan library yang telah tersedia yaitu google cloud speech-to-text untuk fitur speech recognition. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan web untuk admin sehingga admin dapat mengelola data pembelajaran secara berkala. Berdasarkan hasil pengujian akurasi dan keberhasilan deteksi suara pengguna, jarak ideal aplikasi android dalam menerima inputan suara pengguna laki-laki dan suara pengguna perempuan adalah pada lingkungan tanpa noise pada jarak 50 cm dengan rata-rata keberhasilan deteksi sebesar 100%. Pada pengujian usabilitas yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata skor 86,3% dimana nilai tersebut berada dalam range kategori Sangat Setuju, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dibangun dapat menjadi alternatif untuk mempelajari Bahasa Perancis. Kata Kunci: Bahasa Perancis,IISpeechIItoItext,IITextItoISpeech,I MobileIApps,ISpeech Recognition.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68505 |
Actions (login required)
View Item |