DERIN ASYRI, - (2023) DESAIN DIDAKTIS MATEMATIS DENGAN PERMAINAN CONGKLAK UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text (TANPA BAB IV)
tanpa bab iv.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Derin Asyri, (2022): Desain Didaktis Matematis Dengan Permainan Congklak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hambatan belajar saat belajar materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di kelas V. Sehingga hambatan tadi harus diantisipasi agar belajar lebih menyenangjkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa saat belajar matematika pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Penelitian ini merupakan penelitian Didactical Design Research (DDR) terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran yang wujudnya berupa HLT dan ADP; analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif dengan mengaitkan hasil analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis metapedadidaktik. Subjek penelitiannya siswa kelas V SD Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dari soal tes untuk mengidentifikasi hambatan belajar, wawancara untuk menggali informasi mendalam mengenai hambatan belajar dan respon subjek terhadap media congklak yang digunakan untuk meminimalisasi hambatan belajar yang terjadi. Media dinyatakan valid pada validasi ahli media dengan kevalidan 86% dan untuk ahli media kevalidan sekitar 95% dan masuk kedalam kategori layak digunakan. Hasil identifikasi hambatan belajar menunjukkan adanya hambatan belajar yang diakibatkan hambatan epistimologis terkait pemahaman siswa tentang Kelipatan Persekutuan, Faktor Persekutuan, Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) serta penggunaan Pohon Faktornya. Sebagai antisipasi agar hambatan belajar tersebut tidak terulang kembali, maka disusun suatu desain didaktis awal yang didasarkan learning trajectory yang telah disusun.. Dari kesimpulan penelitian bahwasannya desain didaktis matematis dengan permainan congklak dapat mengatasi hambatan yang dimiliki siswa saat belajar. Kata Kunci: Didactical Design Research, KPK dan FPB, Hambatan Belajar, Permainan Congklak
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68500 |
Actions (login required)
View Item |