SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) (STUDI KASUS PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKANBARU)

Jomi Hardi, (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) (STUDI KASUS PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011192.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemilihan kepala sekolah berprestasi pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dilakukan satu tahun sekali, dengan cara menerima berkas dari masing-masing kecamatan, kemudian dilakukan penilaian berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Kriteria-kriteria yang digunakan adalah kepribadian, manajerial, penguasaan Teknologi Informasi, prestasi sekolah, peningkatan wawasan dan pengembangan diri, sosial. Masalah yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tersebut adalah banyak terdapat kepentingan dalam pemberian penilaian terhadap kepala sekolah, sehingga penilaian tersebut tidak dilaksanakan secara transparan. Sistem ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun menggunakan penggabungan metode Analitycal Hierarchi Process (AHP) dan pendekatan fuzzy yang disebut Fuzzy AHP (F AHP). F-AHP menutupi kekurangan pada AHP dalam menangani data yang tidak pasti atau lebih banyak bersifat subjektif. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 dan database access 2007. Sistem ini dapat menyelesaikan masalah dalam penentuan kepala sekolah berprestasi pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, sehingga dapat membantu panitia pemilihan dalam menyeleksi kepala sekolah tersebut. Kata kunci : AHP, Alternatif, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Fuzzy-AHP, Kepala Sekolah Berprestasi, Kriteria, Sistem Pendukung Keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item