PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Eni Risnawati, (2011) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201141.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat korelasi yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode cooperative learning terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subyek dalam penelitaian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dan obyeknya adalahpengaruh metode cooperative learning terhadap keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Tata niaga 1 dan tata niaga 2 yang brjumlah 59 orang. Populasi langsung dijadikan sebagai sampel. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode angket, observasi dan juga wawancara. Setelah data terkumpul maka dianalisa dengan tata jenjang karena vareabel yang dikorelasikan keduanya nerupakan gejala ordinal atau tata jenjang. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa maka dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning sangat berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran pada pendidikan agama Islam. Ini ditandai dengan terdapatnya angka korelasi yang signifikan antara metode cooperative learning terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidkan agama Islam di SMK Muhammdiyah 2 Pekanbarau. Halm ini dapat kita lihat dari hasil penelitian yakni secara kuantitatif diperoleh korelasi tata jenjang dengan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel 2,68. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dapat diterima dalam arti kata terbukti dapat dipercaya kebenerannya. Atau Ha diterima dan Ho ditolak. Karena itu disarankan kepeda guru-guru untuk meningkatkan efektifitas mengajar dengan menggunakan metode cooperative learning, karena metode pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:35
Last Modified: 21 Dec 2015 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item