PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK TELKOM PEKANBARU

Juliandari, (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan teknik scaffolding terhadap representasi matematis siswa kelas X SMK Telkom Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan representasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan teknik scaffolding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Telkom Pekanbaru, terdiri dari 6 kelas dengan 3 jurusan yang berbeda yaitu Manajemen Otomotif, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, peneliti mengambil dua kelas untuk diuji homogenitasnya menggunakan uji dua varian. Objek penelitian ini adalah representasi matematis matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan teknik scaffolding terhadap representasi matematika dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh representasi matematis siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan teknik scaffolding. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 2,814 yang berarti lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00<2,814>2,65) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap representasi matematis siswa kelas X SMK Telkom Pekanbaru setelah penggunaan teknik scaffolding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:11
Last Modified: 01 Sep 2016 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6782

Actions (login required)

View Item View Item