IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK ANALISA TRANSAKSI DENGAN METODE ASSOCIATION RULE MINING (ARM) (STUDI KASUS : PT. TRIBAHANA GITA MULYA)

Rochi Yoga Saputra, (2011) IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK ANALISA TRANSAKSI DENGAN METODE ASSOCIATION RULE MINING (ARM) (STUDI KASUS : PT. TRIBAHANA GITA MULYA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011184.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Tri Bahana Gita Mulya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan alat-alat musik, sebelumnya analisa data transaksi di PT. Tri Bahana Gita Mulya hanya dilakukan secara manual yaitu dengan cara melihat laporan transaksi penjualan yang terjadi berdasarkan hasil rekapitulasi data transaksi dari Microsoft Excel setiap bulannya, namun pihak perusahaan mendapatkan kesulitan karena harus menganalisa data transaksi sebelum dilakukannya pengambilan keputusan dan dalam hal ini efisiensi waktu juga menjadi kendala yang harus dihadapi oleh perusahaan. Pada tugas akhir ini, Association Rule Mining (ARM) adalah metode yang diimplementasikan untuk menggali informasi potensial dalam menentukan hubungan asosiasi dari item alat musik yang dihasilkan dari penghitungan nilai minimum support dan nilai minimum confidence. Setelah dilakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa metode Association Rule Mining (ARM) menghasilkan beberapa rule terbaik, berupa rekomendasi pasangan item alat musik yang dihasilkan dari analisa data transaksi penjualan. Kata kunci : Association Rule Mining, Minimum Confidence, Minimum Support, Rule

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item