RANCANG BANGUN PROTOTYPE CHAT BOT CUSTOMER SERVICE SYSTEM BERBASIS WEB

ribut Budi Santoso, (2011) RANCANG BANGUN PROTOTYPE CHAT BOT CUSTOMER SERVICE SYSTEM BERBASIS WEB. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011177-.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberadaan customer service di PT. Platon Niaga Berjangka ditujukan untuk meningkatkan pelayanan nasabah. Calon nasabah dan nasabah harus meluangkan waktu untuk dapat berkonsultasi dengan customer service. Hal ini menyulitkan nasabah dalam berkonsultasi. Untuk itu, dibutuhkan suatu sistem yang secara bersamaan digunakan untuk melayani konsultasi oleh nasabah yang disebut dengan Chat Bot Customer Service System (CCSS). Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metode Graphmaster Pattern Matching. Metode ini bekerja dengan cara mencocokkan pola kalimat tertentu berdasarkan kata per kata. Sistem dibangun berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem diuji oleh 20 penguji (calon nasabah dan nasabah) dengan metode User Acceptance Test (UAT). Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa CCSS dapat memberikan jawaban yang tepat sesuai dengan representasi pengetahuan yang diberikan dengan persentase UAT sebesar 47,5 % menyatakan setuju bahwa CCSS ini dapat diterima oleh nasabah. Kata Kunci : CCSS, Chatbot, Customer Service, Graphmaster Pattern Matching

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item