PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO BUKU ZANAFA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Marro'aini, (2015) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO BUKU ZANAFA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO BUKU ZANAFA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan Toko Buku Zanafa sebagai toko buku yang memiliki beragam produk yang berkualitas, harga yang terjangkau dengan penerapan diskon sepanjang masa untuk semua jenis buku, lokasi yang strategis dan promosi yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen Toko Buku Zanafa dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap marketing mix yang diterapkan Toko Buku Zanafa dalam memperoleh kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di Toko Buku Zanafa komplek Metropolitan City/Giant Blok A No. 39- 41 Panam Tampan, Pekanbaru. Mengingat jumlah konsumen Toko Buku Zanafa yang luas dan sulit ditentukan secara pasti serta keterbatasan waktu dan biaya yang penulis miliki, penulis mengambil sampel sebanyak 100 orang dengan metode convenience sampling. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen. Hasil dari penelitian ini diperoleh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, tempat/lokasi, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berdasarkan Fhitung sebesar 9,650 > Ftabel 2,310. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Namun, berdasarkan uji parsial atau uji t, yang berpengaruh secara signifikan hanya variabel produk dengan thitung sebesar 2,247 > ttabel 1,9845 dan promosi dengan thitung sebesar 2,158 > ttabel 1,9845. Sedangkan variabel harga dan tempat/lokasi tidak berpengaruh secara signifikan dengan thitung masing-masing thitung 0,902 < ttabel 1,9845 dan thitung 1,528 < ttabel 1,9845. Tingkat hubungan yang di peroleh dari penelitian ini adalah cukup kuat berdasarkan nilai R sebesar 0,538 yang berada diantara nilai 0,40-0,599 dengan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,289 yang artinya 28,9% variabel kepuasan konsumen Toko Buku Zanafa dipengaruhi oleh variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, tempat/lokasi dan promosi, sedangkan 0,711 atau 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan diperoleh persamaan Y= 4,520 + 0,317X1 + 0,104X2 + 0,144X3 + 0,228X4 + e. Penerapan marketing mix di Toko Buku Zanafa terhadap kepuasan konsumen tidak ditemukan adanya pelanggaran terhadap prinsip ekonomi Islam, baik dari segi produk, harga yang diterapkan, tempat/lokasi usaha maupun promosi sudah sesuai dengan syari’at islam. Istilah marketing mix memang tidak ditemukan dalam ekonomi Islam namun istilah produk, harga, tempat/lokasi dan promosi bukan hal yang asing dalam konsep ekonomi Islam dan pemasaran islam (islamic marketing).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2016 18:16
Last Modified: 31 Aug 2016 18:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6719

Actions (login required)

View Item View Item