PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SQ3R MURIDKELAS V SDN 015 SUNGAI PASIR PUTIHKECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INHU

Maryatun, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SQ3R MURIDKELAS V SDN 015 SUNGAI PASIR PUTIHKECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INHU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201140.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Pasir Putih ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam seperti hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, dimana masih banyak sebagian siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, hal ini terlihat dari cara guru mengajar yang kurang menarik perhatian siswa. Metode Pembelajaran SQ3R merupakan sebuah program yang komprehensif untuk mengajari pelajaran membaca, menulis dan seni berbahasa pada kelas tinggi di sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V SDN 015 Sungai Pasir Putih Kecamatan Kelayang Kabupaten Inhu? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V SDN 015 Sungai Pasir Putih Kecamatan Kelayang Kabupaten Inhu melalui metode SQ3R. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari bulan Agustus 2010 hingga selesai. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan II, menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa 68,2% sedang, sebagaimana yang terlihat pada tabel (IV.10). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II (75,9%) baik, sebagaimana yang terlihat pada tebel (IV. 18). Dari data di atas diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan hasil belajar siswa. Keadaan ini membuktikan bahwa keaktifan guru dan siswa mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Hal ini didukung oleh adanya kecenderungan meningkatnya aktivitas guru dan siswa diiringi dengan meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:33
Last Modified: 21 Dec 2015 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item