KEPERCAYAAN AKTIVIS DAKWAH TERHADAP MURABBI DALAM MEMILIH JODOH

Defi Andriani, (2015) KEPERCAYAAN AKTIVIS DAKWAH TERHADAP MURABBI DALAM MEMILIH JODOH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Menikah merupakan sesuatu yang sangat personal dan akan menentukan masa depan seseorang sehingga harus melakukan seleksi dengan menetapkan kriteria yang diinginkan terlebih dahulu. Aktivis dakwah yang bergabung dalam jama’ah Tarbiyah mempercayakan pemilihan jodohnya dengan murabbi dan menetapkan kriteria sefikroh dimana aktivis dakwah menikah dengan seseorang yang juga sama-sama bergabung dalam jama’ah Tarbiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal apa yang membuat aktivis dakwah mempercayai murabbi dalam pemilihan jodohnya. Aktivis dakwah menyerahkan semuanya kepada orang lain dan memilih berdasarkan kesesuaian kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis tematik. Subjek penelitian adalah aktivis dakwah jama’ah Tarbiyah yang akan menikah dengan proses ta’aruf yang difasilitasi oleh murabbi yang berjumlah tiga belas orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan yang terbentuk ketika aktivis dakwah mempercayakan pemilihan jodoh pada murabbi disebabkan karena adanya faktor nilai-nilai kelompok yang dipegang oleh aktivis dakwah sehingga berkembang menjadi rasa percaya pada kelompok dan dikategorikan sebagai jenis kepercayaan organik atau organic trust. Rasa percaya pada kelompok menumbuhkan loyalitas dan identitas sosial yang tinggi sehingga aktivis dakwah cenderung mengurangi nilai-nilai yang ada pada dirinya dan menyesuaikan diri dengan nilai-nilai kelompoknya. Kata kunci: organic trust, loyalitas, identitas sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:19
Last Modified: 31 Aug 2016 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item