Rani Fransiska (2015) EKSISTENSI PASAR SENGGOL DI KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I(1).pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Eksistensi Pasar Senggol di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam. Pasar Senggol merupakan pasar baru yang hadir di tengah-tengah Kota Pekanbaru apakah bisa eksis dikarenakan dengan perkembangan kota yang meningkat serta letaknya yang kurang strategis berada dalam satu komplek Giant MTC persis di belakangnya, Giant MTC merupakan supermarket terbesar, terlengkap, dan paling ramai dikunjungi masyarakat Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Dengan segala faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) mengambil lokasi di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan diantaranya Bagaimana eksistensi Pasar Senggol Di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru,Apakah saja faktor yang mempengaruhi Eksistensi Pasar Senggol di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru, Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang Eksistensi Pasar Senggol di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 450 pedagang, 2 orang pengelola Pasar Senggol, seluruh pengunjung/konsumen Pasar Senggol, Sementara penulis membatasi sampel dari 10% dalam penelitian ini menjadi 45 orang pedagang. menggunakan teknik Random Sampling.Pengelola Pasar Senggol yang terdiri 2 orang dengan menggunakan Total Sampling, dan 30 orang pengunjung/konsumen dengan menggunakan Incidental Sampling, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang penulis peroleh secara langsung dari lapangan, atau data yang diperoleh dari hasil angket dan wawancara yang dilakukan terhadap pedagang Pasar Senggol. Data sekunder yaitu data pendukung yang diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada baik berupa dokumen- dokumen, buku referensi, literatur-literatur yang ada hubungannya dengan penelitian serta instansi terkait. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa data secara deskriptif kualitatif, metode penulisan penelitian ini deduktif, induktif, dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Pasar Senggol masih eksis ditandai dengan ramainya pengunjung yang berbelanja di Pasar Senggol. Adanya 5 kekuatan (strength) yaitu faktor harga, faktor kepuasan pelanggan, faktor lokasi, tawar menawar dan fasilitas pasar. Adapun kelemahan pasar (weaknees) yaitu faktor kualitas produk, faktor keragaman produk, dan kuranggnya perhatian pemerintah terhadap keberlangsungan pasar.Dan telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam,baik dalam konsep pasar maupun pemasarannya untuk meningkatkan keuntungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 07:00 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6651 |
Actions (login required)
View Item |