Deviana (2014) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI TEKNIK POLAMATIKA PERKALIAN KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 113 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa khususnya pada materi soal cerita luas bangun datar dan volume bangun ruang, setelah menggunakan teknik Polamatika Perkalian. Rumusan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi soal cerita luas bangun datar dan volume bangun ruang melalui Teknik Polamatika Perkalian kelas VA SD Negeri 113 Pekanbaru Kecamatan Marpoyan Damai? “. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 113 Pekanbaru kecamatan Marpoyan Damai tahun ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah menggunakan teknik Polamatika Perkalian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Dari analisis data dapat diketahui hasil belajar Matematika, aktivitas guru dan siswa pada siklus I siklus II mengalami peningkatan. Pada skor dasar sebelum menggunakan teknik Polamatika ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 35,5 % dengan rata-rata nilai 61. Setelah dilaksanakan penelitian dengan menggunakan teknik Polamatika Perkalian hasil belajar Matematika siswa kelas VA SDN 113 Pekanbaru meningkat yaitu pada siklus I persentase ketuntasan menjadi 61% dengan rata-rata nilai 77. Siklus II juga mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu sebesar 87% dengan rata-rata sebesar 87. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama dengan persentase 79% kategori baik. Pertemuan dua persentase sebesar 90% kategori amat baik. Pada siklus II Pertemuan tiga, persentase sebesar 92% kategori amat baik. Pertemuan empat persentase sebesar 100% kategori amat baik. Aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama persentase sebesar 61% kategori baik. Pertemuan dua, persentase sebesar 75% kategori baik. Pada siklus II pertemuan tiga, persentase sebesar 86% kategori amat baik. Pertemuan empat persentase sebesar 93% kategori amat baik. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan dapat disimpulkan bahwa menggunakan teknik Polamatika Perkalian dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dengan baik. Dengan kata lain, teknik Polamatika Perkalian dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VA SDN 113 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 03:19 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6620 |
Actions (login required)
View Item |