Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN NUTRISI SILASE DAUN AKASIA YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN UREA, FESES SAPI, DAN KOMBINASINYA SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERNAK RUMINANSIA

EKO SAPUTRA, - (2023) KANDUNGAN NUTRISI SILASE DAUN AKASIA YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN UREA, FESES SAPI, DAN KOMBINASINYA SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERNAK RUMINANSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
skripsi eko bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
skripsi eko tanpa bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Eko Saputra (11581101032) Di bawah bimbingan Triani Adelina dan Irdha Mirdhayati INTISARI Daun akasia menjadi salah satu pakan alternatif dalam memenuhi kebutuhan hijauan pakan ternak yang terbatas. Penggunaan daun akasia, urea, dan feses sapi sebagai sumber pakan alternatif yang mampu memenuhi penyediaan pakan ternak. Pembuatan silase dari daun akasia yang dicampur dengan urea dan feses sapi sebagai aditif diharapkan dapat memperbaiki kandungan nutrisi daun akasia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kandungan nutrisi silase daun akasia yang dihasilkan dari perlakuan kimia, biologis dan kombinasinya. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan terdiri atas P0: daun akasia tanpa penambahan aditif, P1: daun akasia + 5% urea, P3: daun akasia + 5% feses sapi, dan P3: daun akasia + 2,5% urea + 2,5% feses sapi. Parameter yang diamati meliputi bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, kadar abu, dan BETN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan feses sapi 5% meningkatkan bahan kering dan BETN. Penambahan urea 5% dan kombinasi urea 2,5% dan feses sapi 2,5% dapat meningkatkan kandungan bahan kering namun menurunkan kadar abu silase daun akasia. Semua perlakuan bahan aditif dan kombinasi urea dan feses tidak berpengaruh terhadap kandungan serat kasar dan lemak kasar. Dapat disimpulkan bahwa pembuatan silase daun akasia dengan bahan aditif urea 5% dan kombinasi urea 2,5% dan feses sapi 2,5% mampu meningkatkan kandungan protein kasar dan menurunkan kandungan abu, perlakuan bahan aditif feses sapi 5% dapat meningkatkan kandungan bahan kering, dan mempertahankan BETN. Bahan aditif urea, feses sapi dan kombinasi urea dan feses sapi belum mampu menurunkan serat kasar dan lemak kasar silase daun akasia. Perlakuan terbaik adalah penambahan aditif kombinasi urea dan feses sapi dapat meningkatkan protein kasar dan menurunkan kandungan abu. Kata kunci: silase daun akasia, kualitas nutrisi, urea, feses sapi, protein kasar, bahan kering, kadar abu, BETN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:09
Last Modified: 30 Jan 2023 01:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66053

Actions (login required)

View Item View Item