Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI DENGAN METODE SWOT DAN MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus : Cafe Tuan Coffe Bangkinang)

ELY KURNIAWAN, - (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI DENGAN METODE SWOT DAN MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus : Cafe Tuan Coffe Bangkinang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI DENGAN METODE SWOT DAN MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus : Cafe Tuan Coffe Bangkinang) ELY KURNIAWAN NIM : 11850225066 Tanggal Sidang : 18 Januari 2023 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 15 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Persaingan bisnis kedai kopi saat ini berkembang begitu pesat sehingga membuat kondisi persaingan antar usaha menjadi lebih ketat. Sangat penting bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan volume penjualan dan daya saing agar dapat mempertahankan usahanya. Tuan Coffe merupakan salah satu usaha kedai kopi yang berlatar belakang family business didirikan sejak tahun 2021. Permasalahan yang dihadapi oleh Tuan Coffee adalah tingkat penjualan yang tidak stabil karena disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eskternal, kemudian munculnya para pesaing dengan produk yang sejenis sehingga membuat konsumen memiliki pilihan untuk menentukan dan memilih. Untuk itu dilakukannya analisis posisi strategis bisnis Tuan Coffee dengan menggunakan metode SWOT dan matriks BCG. Penerapkan metode SWOT pada Tuan Coffee yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 5 responden internal dan 20 responden eksternal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil analisis matriks IFE dan EFE diperoleh matriks IE berada pada kuadran sel IV yang mana berada pada strategi tumbuh dan membangun. Berdasarkan matriks BCG gambaran posisi pasar Tuan Coffee berada pada kudran 2 yaitu Question Mark yang artinya tingkat pertumbuhan pasar Tuan Coffee berada dalam kategori sedang dengan nilai 61,3%, dan pangsa pasar relatif termasuk kategori rendah dengan nilai 0,63. Berdasarkan penerapan metode SWOT dan matriks BCG diperoleh 3 alternatif strategi yang dikembangkan. Kata Kunci : Matrik IE, Matriks BCG, Strategi Pemasaran, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:46
Last Modified: 30 Jan 2023 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66051

Actions (login required)

View Item View Item