Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI PUSKESMAS BIARO

BUNGA RAHMADONA, - (2023) ANALISA KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI PUSKESMAS BIARO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
BAB IV DAN BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ANALISA KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI PUSKESMAS BIARO BUNGA RAHMADONA NIM : 11850222459 Tanggal Sidang : 18 Januari 2023 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Kualitas pelayanan dalam industri kesehatan menjadi hal yang penting pada saat sekarang ini. Masyarakat semakin peduli dengan situasi kesehatan dan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pemerintah menjadikan mutu pelayanan kesehatan berfokus pada kepuasan konsumen. Puskesmas Biaro berlokasi di Kecamatan Ampek Angkek adalah salah satu fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah. Penelitian kali ini akan mengkaji kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Biaro. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis dan Quality Function Deployment dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 97 responden. Dari hasil analisa dan perhitungan diketahui dari sebanyak 23 atribut pernyataan terdapat 7 atribut yang masuk ke dalam kuadran 1 yaitu area yang harus diperbaiki. Usulan perbaikan yang diberikan yaitu mengalokasikan sumber daya berupa anggaran dana dan perlengkapan untuk pembuatan rambu parkir, evaluasi bulanan disertai dengan pemberian reward pada petugas dengan kinerja baik dan punishment pada petugas dengan kinerja kurang baik, dan memberikan on the job training kepada petugas terkait dengan optimalisasi kebijakan puskesmas dan merumuskan komitmen bersama guna melakukan pelayanan yang memuaskan. Kata Kunci : HOQ, Importance Performance Analysis, Kualitas Pelayanan, Quality Function Deployment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:14
Last Modified: 30 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66049

Actions (login required)

View Item View Item