Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BILANGAN UNTUK MENFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

PINTA MAI ITRI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BILANGAN UNTUK MENFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PINTA MAI ITRI.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pinta Mai Itri (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bilangan Untuk Menfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Discovery Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bilangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah validator dan siswa kelas VII SMP Negeri 03 Kapur IX. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Discovery Learning pada materi bilangan. Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar posttest. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis Discovery Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 84,30%, sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 89,26%, dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 89,47%. Selanjutnya untuk efektifitas LKS diperoleh yaitu 12,867 2,09 dengan dk = 19 serta menggunakan taraf signifikan 5% atau 0.05 sehingga diterima yang artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes kelas eksperimen (84,125) lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kelas kontrol (68,25). Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukan bahwa LKS yang kembangkan sudah dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Berbasis Discovery Learning, Bilangan, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:53
Last Modified: 30 Jan 2023 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66022

Actions (login required)

View Item View Item