SITI NURHIDAYAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA MTsN 2 KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SITI NURHIDAYAH.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Nurhidayah, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa MTsN 2 Kepulauan Meranti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa MTsN 2 Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain menggunakan factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kepulauan Meranti tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket minat belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta dokumen yang berupa data-data administrasi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesisadalah uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, pada hipotesis 1 diperoleh ( ) ( ) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggikuti pembelajaran kooperatif tipe take and give dengan siswa yang tidak menggikuti model pembelajaran kooperatif tipe take and give. Hasil analisis data pada hipotesis 2 diperoleh ( ) ( ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan pada hipotesis 3 diperoleh ( ) ( ) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Take and Give, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66016 |
Actions (login required)
View Item |