Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN SISTEM KEMITRAAN INDOGROSIR DENGAN KOPERASI UNIT DESA KUSUMA BAKTI DI DESA SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM SYARIAH

Yulia Hardiati, Yulia (2023) PELAKSANAAN SISTEM KEMITRAAN INDOGROSIR DENGAN KOPERASI UNIT DESA KUSUMA BAKTI DI DESA SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Latar belakang penelitian bahwa didasari dengan bergabungnya KUD Kusuma Bhakti menjadi mitra Indogrosir, selain itu didasari minat masyarakat desa Sialang Kubang sering belanja di Koperasi tersebut. Namun, harga sembako yang ditawarkan di KUD lebih mahal dibanding warung-warung besar di sekitarnya selain itu pihak KUD tidak bisa menjual harga sembako dengan harga yang lebih mahal atau lebih murah. Hal ini karena harga telah ditetapkan oleh sistem Indogrosir. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Selain itu,yang menjadi motivasi penulis mengambil lokasi ini karena adanya KUD kusuma Bakti yang bekerjasama dengan Indogrosir. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), artinya data-data yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini adalah fakta di lapangan yang berkaitan langsung dengan objek penelitian. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh karyawan KUD Kusuma Bakti yang berada di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian raja kabupaten Kampar sebanyak 30 orang yang terdiri dari karyawan simpan pinjam 5 orang, pengurus koperasi 3 orang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan pengelola minimarket KBM 5 orang serta karyawan lainnya 17 orang. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 30 orang untuk penyebaran angket dan 3 orang untuk wawancara. Sedangkan dari pihak Indogrosir 2 orang staf/responden. Berdasarkan analisis data sebagaimana dipaparkan pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan yaitu 1) Pelaksanaan sistem kemitraan Indogrosir dengan Koperasi Unit Desa Kusuma Bakti di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar dikategorikan Baik. 2) Dalam prinsip ekonomi Islam Syariah, konsep kemitraan yang terjalin antara Indogrosir dengan Koperasi Unit Desa Kusuma Bakti bergerak dalam bidang suatu usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan dapat disebut dengan Syirkah ‘Uqud. Selain itu juga tidak terlihat hal-hal yang menyimpang atau bertentangan dengan aturan Islam dalam penerapan konsep kemitraan yang dilakukan oleh Indogrosir dengan Koperasi Unit Desa Kusuma Bakti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:34
Last Modified: 30 Jan 2023 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66005

Actions (login required)

View Item View Item