RADINA FEBRIANTY, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf Download (23MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
RADINA FEBRIANTY (2022) : PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model Learning Cycle 7E dengan siswa belajar menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan SelfEfficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan VIII.E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis, angket Self-Efficacy, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah.. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan skor nilai rata-rata yang lebih baik yaitu kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 8,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 6,63. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berdasarkan Self-Efficacy tinggi, sedang dan rendah dengan perolehan nilai rata-rata Self-Efficacy tinggi yaitu 9,20, Self – Efficacy Sedang yaitu 6,60 dan Self-Efficacy Rendah yaitu 4,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki Self-Efficacy tinggi mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik daripada siswa yang memiliki Self-Efficacy sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi penerapan model Learning Cycle 7E dengan Self-Efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, khususnya kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 01:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 01:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65986 |
Actions (login required)
View Item |