Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF- CONFIDENCE SISWA SMA/MA

DINA APRILIANA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF- CONFIDENCE SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DINA APRILIANA (2023) : PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF- CONFIDENCE SISWA SMA/MA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem posing dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki kepercayaan diri (self-confidence) kategori tinggi, sedang dan rendah, dan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kepercayaan diri (self-confidence) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah desain faktorial. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kampar, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh kelas XI MIA.1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dimana siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di MAN 2 Kampar; terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dimana siswa yang memiliki SelfConfidence tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki Self-Confidence sedang dan rendah di MAN 2 Kampar; tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem posing dan Self-Confidence dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Maka model pembelajaran problem posing dapat digunakan untuk mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Model Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:22
Last Modified: 30 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65981

Actions (login required)

View Item View Item