Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL LEARNING CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

RIKA DEFRIANI, - (2023) PENERAPAN MODEL LEARNING CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kreativitas belajar siswa melalu model Learning Contract pada muatan pelajaran PPKn kelas V SDN 010 Siabu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penilaian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah model Learning Contract dan kreativitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model Learning Contract, nilai rata-rata kreativitas belajar siswa hanya mencapai 54.31 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 76.67 dengan kategori cukup, dan pada siklus II kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 86,04 dengan kategori baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model Learning Contract dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Kata Kunci: Model Learning Contract, Kreativitas Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:06
Last Modified: 30 Jan 2023 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65974

Actions (login required)

View Item View Item