Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) YANG DISIMPAN DENGAN JENIS KEMASAN DAN WAKTU BERBEDA

Irham, - (2023) KUALITAS FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) YANG DISIMPAN DENGAN JENIS KEMASAN DAN WAKTU BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KUALITAS FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) YANG DISIMPAN DENGAN JENIS KEMASAN DAN WAKTU BERBEDA Irham (11681103331) Di bawah bimbingan Dewi Ananda Mucra dan Triani Adelina INTISARI Ketersediaan bahan pakan semakin terbatas di setiap daerah. Oleh karena itu, perlu dicari bahan pakan alternatif ternak ruminansia dengan memanfaatkan limbah kulit pisang kepok untuk dijadikan wafer ransum komplit. Penggunaan kemasan merupakan salah satu cara untuk melindungi pakan dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan penurunan mutu pakan yang disimpan. Penyimpanan bertujuan untuk mempertahankan dan menjaga komoditi yang disimpan dengan cara menghindari, menghilangkan berbagai faktor yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas komoditi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik wafer yang disimpan dengan lama penyimpanan dan kemasan yang berbeda. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada bulan Maret sampai dengan April 2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial. Faktor A adalah jenis kemasan terdiri dari A0= tanpa pengemasan, A1= pengemasan dengan karung plastik pori besar, A2= pengemasan dengan karung plastik pori kecil dan faktor B adalah lama penyimpanan terdiri dari B0= lama penyimpanan 0 hari, B1= lama penyimpanan 15 hari, B2= lama penyimpanan 30 hari. Parameter yang diamati meliputi keberadaan jamur, warna, aroma, tekstur, kerapatan dan daya serap air. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi interaksi (P>0,01) antara jenis kemasan dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap warna, aroma, tekstur dan keberadaan jamur, namun tidak terjadi interaksi terhadap daya serap air dan kerapatan wafer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lama penyimpanan hingga 30 hari belum dapat mempertahankan kualitas fisik wafer ransum komplit kulit pisang kepok dilihat dari warna, aroma, tekstur, keberadaan jamur, daya serap air dan kerapatan. Jenis kemasan KPPB dengan lama penyimpanan 15 hari menghasilkan kualitas fisik wafer terbaik dilihat dari warna, aroma dan tekstur. Jenis kemasan KPPB dengan lama penyimpanan 30 hari menghasilkan kualitas fisik wafer terbaik dilihat dari keberadaan jamur dan daya serap air. Kata kunci : Kulit Pisang Kepok, Wafer Ransum Komplit, Kualitas Fisik, Kemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:01
Last Modified: 30 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65962

Actions (login required)

View Item View Item