Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS METODE SAMIYAH SAFAWIYAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BENGKALIS

RITA SARI, - (2023) EFEKTIVITAS METODE SAMIYAH SAFAWIYAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RITA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rita Sari, (2022) : Efektivitas Metode Samiyah Safawiyah Dengan Menggunakan Permainan Pesan Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 8 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bengkalis. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, yang terdiri dari 2 variabel yaitu metode samiyah safawiyah dengan permainan pesan berantai (x) dan keterapilan mendengar (y) diMTsN 3 Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode samiyah safawiyah dengan menggunakan permainan pesan berantai untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas 8 MTsN 3 Bengkalis.Rumusan dalam penelitian ini adalah “apakah efektiv penggunaan metode samiyah safawiyah dengan permainan pesan berantai untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas 8 MTsN 3 Bengkalis?”Objek dari penelitian ini adalah penguasaan keterampilan mendengar siswa, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTsN 3 Bengkalis.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Bengkalis tahun ajaran 2021/2022.Dengan sampel siswa kelas VIII A = 21 dan VIII B = 21 yang berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan test.Berdasarkan analisis data menggunakan rumus T hitung diperoleh T hitung = 4,505 lebihbesardari T tabel pada taraf signifikan 1% = 2,72dan padataraf signifikansi 5% = 2.02. dan P value 0,000 <daripada 0,05. Sehingga Ho ditolakdan Ha diterima.Yang berarti bahwa adanya peningkatan signifikan dari penggunaan metode samiyah safawiyah dengan permainan pesan berantai terhadap keterampilan mendengar siswa kelas 8 MTsN 3 Bengkalis. Kata kunci: Efektivitas, MetodeSamiyahSafawiyah, Permainan Pesan Berantai, Keterampilan Mendengar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:08
Last Modified: 27 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65942

Actions (login required)

View Item View Item