Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN TEKNIK ECOPRINT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HUMAIROH PUSAT KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

SYARIFAH WILDA DWIPUTRI, - (2023) PENGGUNAAN TEKNIK ECOPRINT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HUMAIROH PUSAT KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN(BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SYARIFAH WILDA DWIPUTRI (2022) : PENGGUNAAN TEKNIK ECOPRINT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HUMAIROH PUSAT KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR Berdasarkan hasil observasi awal di TK Humairoh Pusat di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar kreativitas anak kurang optimal sehingga perlu diberikan perlakuan khusus, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di kelas B1 di Taman Kanak-Kanak Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Dengan objek nya penggunaan kegiatan ecoprint dalam meningkatkan kreativitas anak. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sehingga sampel penelitian ini adalah anak kelompok 1 berjumlah 10 orang anak dikelas kontrol dan kelompok 2 berjumlah 10 orang anak kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling artinya teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Didapatkan salah satu temuan yang didapat oleh peneliti saat penggunaan teknik ecoprint dilakukan diantaranya: Anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, yang terjadi anak selalu bertanya tentang apa yang dia lihat pada saat menjelajahi lingkungan di sekitar sekolah. Hal ini sesuai dengan teori dari tokoh Carl Rogers, “ Kreativitas muncul dari interaksi pribadi yang unik dengan lingkunganya” dan Berdasarkan pengujian posttest diperoleh rata-rata eksperimen dan kelas kontrol secara numerik menunjukan perbedaan kelas eksperimen yang memilikin rata-rata 73,75 dan kelas kontrol 58,125. Hal ini menunjukan bahwa anak yang belajar dengan menggunakan teknik ecoprint memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dalam mengembangkan kreativitas dibandingkan kelas kontrol dan data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung = 1,895 ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,743 maka 1,895> 1,743 atau thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditunjukan bahwa setelah Penggunaan Teknik Ecoprint ini dapat meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Teknik Ecoprint, Kreativitas Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:02
Last Modified: 30 Jan 2023 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65941

Actions (login required)

View Item View Item