Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SMP NEGERI 2 TAMBANG

NUR OKTAVIANI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SMP NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR OKTAVIANI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Oktaviani, (2022): Pengaruh Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa SMP Negeri 2 Tambang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika berdasarkan kemampuan awal siswa, dan ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tambang, dengan sampel penelitian adalah kelas VII.1, VII.2, VII.3, dan VII.4 dengan jumlah siswa sebanyak 136 siswa. Kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket berupa lembar angket kemampuan awal siswa, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji anova dua jalan). Hasil penelitian: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Siswa, Fakctorial Experimental Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:51
Last Modified: 27 Jan 2023 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65928

Actions (login required)

View Item View Item