Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU

FIENDA FEBRIANI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fienda Febriani, (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang mampu mengemukakan pendapat, menganalisis, dan tidak berkomunikasi dengan lancar dan antusias seperti yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) dan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ips SMA IT Fadhilah Pekanbaru. Sampel penelitian ini berjumlah 44 orang yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas kontrol berjumlah 22 orang dan kelas eksperimen berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu sampel yang sengaja dipilih berdasarkan pertimbangan nilai rata-rata kelas siswa yang mendekati sama. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan tes t. Berdasarkan hasil analisis Uji t pretest menunjukkan bahwa t hitung < t tabel 5% (1,682) dan 1% (2,418) atau 1,682 > 0,122 < 2418. Dan hasil analisis Uji t prosttest menunjukkan bahwa t hitung > t tabel baik taraf signifikan 5% (1,682) dan 1% (2,481) atau 1,682 < 4,893 > 2,481 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Islam Terbaru Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:16
Last Modified: 27 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65919

Actions (login required)

View Item View Item