Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH REDAMAN AWAN TERHADAP KUALITAS SINYAL SATELIT PADA KANAL KU-BAND TEKNOLOGI VSAT-TV (STUDI KASUS: BRIN WILAYAH KOTOTABANG)

Rizky Wahyudi, - (2023) ANALISIS PENGARUH REDAMAN AWAN TERHADAP KUALITAS SINYAL SATELIT PADA KANAL KU-BAND TEKNOLOGI VSAT-TV (STUDI KASUS: BRIN WILAYAH KOTOTABANG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TA (RIZKY WAHYUDI) KECUALI BAB 4 DAN 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA (RIZKY WAHYUDI) BAB 4 DAN 5.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Teknologi komunikasi satelit saat ini berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu di bidang penyiaran televisi. Teknologi yang banyak digunakan untuk layanan TV berbayar diantaranya yaitu Very Small Aperture Terminal (VSAT). Layanan berbasis satelit pada frekuensi gelombang mikro khususnya pada kanal frekuensi Ku-band sangat rentan dipengaruhi oleh berbagai gangguan propagasi troposfer seperti gas atmosfer, awan, hujan dan lain-lain. Penelitian ini terfokus pada gangguan yang disebabkan awan. Studi ini mencakup perhitungan nilai ketinggian dasar awan, kadar air cair pada awan, dan jumlah hari terdeteksi awan di Wilayah Kototabang. Model perhitungan redaman yang digunakan yaitu ITU-R. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai redaman awan dan kualitas sinyal satelit bervariasi berdasarkan ketinggian awan dan kadar air cair pada awan. Redaman awan meningkat dan terlihat signifikan di atas 2000 m. Nilai rata-rata redaman awan tertinggi sebesar 0,099621254 dB/km dengan ketinggian dasar awan 7000 m dan kualitas sinyal satelit sebesar 46,8 dB. Sedangkan untuk pengaruh rata-rata kadar air cair tertinggi yaitu 1,576274 g/m3 dengan nilai redaman 0,101119195 dB/km dan kualitas sinyal satelit sebesar 46,8 dB. Kata kunci : Redaman Awan, VSAT-TV, Model ITU-R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:19
Last Modified: 30 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65915

Actions (login required)

View Item View Item