Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START A QUESTIONS (LSQ) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU

NADELLA SEPTRIYANI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START A QUESTIONS (LSQ) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADELLA SEPTRIYANI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nadella Septriyani, (2022): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Start a Questions Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 181 Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih pasifnya keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan didalam kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran learning start with a questions terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 181 Pekanbaru. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas kontrol dan IV D sebagai kelas eksperimen, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas, dilakukan uji beda yang diawali dengan uji normalitas. Hasil uji normalitas yang didapatkan menunjukkan nilai signifikansi kelas eksperimen 0,00 dan 0,00 untuk kelas kontrol. Angka ini menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa data tidak normal. Karena data yang didapatkan tidak normal maka, uji beda dapat dilakukan dengan uji non parametrik. Adapun hasil uji non parametrik diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,001 yang berarti lebih kecil dari nilai 0,05, yang mana angka ini memiliki makna H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Learning Start A Questions terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 181 Pekanbaru. Kata Kunci: Learning Start a Questions (LSQ), Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:37
Last Modified: 27 Jan 2023 08:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65911

Actions (login required)

View Item View Item