SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN LOKASI LAHAN PERKEBUNAN SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V)

Ainun Jariah, (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN LOKASI LAHAN PERKEBUNAN SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011151-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aplikasi ini merupakan sistem pendukung keputusan untuk penentuan lokasi lahan perkebunan kelapa sawit dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan studi kasus yang digunakan adalah PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V) sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 5 (lima) kriteria yang dijadikan penilaian dalam analisa kelayakan pemilihan lokasi pekebunan yaitu curah hujan (mm/tahun), ketinggian tempat dari permukaan air laut (meter), kandungan bahan kasar (%-vol), ketebalan gambut (cm) dan keasaman tanah (Ph). Hasil akhir dari perhitungan WAP ini berupa nilai total integral yang dirangkingkan. nilai total integral yang tertinggi adalah yang direkomendasikan untuk dibangun lahan perkebunan kelapa sawit. Sistem ini merupakan sistem pendukung keputusan (SPK) yang dibangun dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini termasuk kedalam kategori metode multi atribut decision making (MDAM).yang dapat memfasilitasi penentuan keputusan dengan banyak kriteria Sistem ini dibuat menggunakan Visual Basic dan Microsoft Access sebagai database, dengan sistem ini manajeg dan admin dapat mengelola data lokasi lahan dan merangkingkan lokasi lahan mana yang doperioritaskan untuk dibangun lahan perkebunan kelapa sawit. Kata kunci : Penentuan lokasi Lahan Sawit, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Simple Additive Weighting (SAW).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item