Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU

SHERINA NURUL IHZZA, - (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TIGA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sherina Nurul Ihzza, (2023): Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Tiga Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan karakteristik instrumen tes diagnostik tiga tingkat, serta untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi tekanan zat dan penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 50 siswa SMP Telekomunikasi Pekanbaru yang telah mempelajari materi tekanan zat dan penerapannya. Validasi instrumen dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validasi butir soal menunjukkan instrumen tes yang dikembangkan berkategori valid dengan presentase sebesar 65%, tingkat kesukaran butir soal yaitu 5 soal sukar, 10 soal sedang, dan 5 soal mudah daya beda butir soal yaitu 15 soal berkategori diterima dan 5 soal berkategori diterima dengan perbaikan, dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan sebesar 0,70461 dengan kategori reliabilitas tinggi Sebanyak 14,05% siswa mengalami miskonsepsi pada materi tekanan zat dan penerapannya. Kata Kunci: Tekanan Zat dan Penerapannya, Miskonsepsi, Tes Diagnostik Tiga Tingkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:56
Last Modified: 27 Jan 2023 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65863

Actions (login required)

View Item View Item