Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MANAR PEKANBARU

DEA ANANDA, - (2023) PENERAPAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MANAR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEA ANANDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dea Ananda, (2022): Penerapan Metode Student Created Case Studies untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa pada Tema Sehat itu Penting Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada tema sehat itu penting melalui penerapan metode student created case studies kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Manar Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode student created case studies dan kemampuan kerja sama siswa.penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa metode student created case studies dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 53% yang berada pada kategori kurang tinggi. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerja sama siswa meningkat 67% yang berada pada kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83,5% yang berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode student created case studies dapat meningkatkan kerja sama siswa pada tema sehat itu penting kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pekanbaru. Kata Kunci: Penerapan Metode Student Created Case Srudies, Kemampuan Kerja sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:55
Last Modified: 27 Jan 2023 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65860

Actions (login required)

View Item View Item