Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEMINIMALISIR RUGI-RUGI JARINGAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE BINARY PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (BPSO) (Studi Kasus : PT. PLN Persero Rayon Tembilahan)

ARDIANSYAH, - (2023) MEMINIMALISIR RUGI-RUGI JARINGAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE BINARY PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (BPSO) (Studi Kasus : PT. PLN Persero Rayon Tembilahan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
KECUALI BAB 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada saluran distribusi tersusun dari beberapa penyulang (feeder). Pada setiap penyulang tersebut, mempunyai saklar penghubung (tie switch) yang tidak bekerja atau kondisi terbuka saat keadaan normal (Normally Open). Selain dari saklar penghubung tersebut, terdapat saklar pemisah, (Sectionalizing switch). Rekonfigurasi jaringan distribusi merupakan suatu upaya yang bertujuan untuk meminimalisasi rugi-rugi daya, salah satunya adalah dengan mengubah kondisi atau status pada saklar pemisah (sectionalizing switch) dan salah penghubung (tie switch), mengubah jenis kabel saluran ataupun dengan mengubah stuktur topologi jaringannya. Metode Binary Particle Swarm Optimization (BPSO) ini dikembangkan oleh kennedy dan eberhart dapat dikatakan mampu beroperasi pada ruang pencarian dalam bentuk biner. ETAP (Electrical Transient Analysys Program) Power Station merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk perhitungan aliran daya pada sistem tenaga listrik. Tujuan penelitian ini untuk mengurangi power losses, pada penelitian ini menghasilkan 3 tujuan, tujuan pertama yaitu memberikan informasi rugi – rugi daya kondisi existing, kedua memberikan informasi mengenai aliran daya setelah konfigurasi dan terakhir menjalankan simulasi terkait aliran daya setelah optimalisasi dengan menggunakan metode BPSO. Bus yang membaik terjadi pada bus 21 26 43 50 sudah mencapai persentase nilai losses di bawah 5% pada proses rekonfigurasi. Optimalisasi dengan BPSO proses ini menurunkan nilai power losses dari keseluruhan bus yang ikut mengalami perbaikan yaitu pada bus 17 18 21 22 23 24 26 27 28 29 30 31 35 37 41 44 45 48 49 50. Kata kunci : rekonfigurasi, binary particle swarm optimization (BPSO), Electrical Transient Analysys Program (ETAP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:36
Last Modified: 27 Jan 2023 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65852

Actions (login required)

View Item View Item