Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK SISWA KELAS XI SMA

FAYOLA DIAH PITALOKA ANWAR, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV FAYOLA DIAH PITALOKA ANWAR.pdf

Download (33MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV FAYOLA DIAH PITALOKA ANWAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fayola Diah P.A, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Barisan dan Deret Untuk Kelas XI SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran generatif pada materi Barisan dan Deret yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKS ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru. Objek pada penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran generatif pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen validitas berupa lembar validasi instrumen, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, angket kepraktisan siswa, dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, LKS berbasis model pembelajaran Generatif yang dikembangkan termasuk kepada kategori sangat valid pada uji validitas dengan persentase kevalidan sebesar 82,28% dan pada uji kepraktisan termasuk pada kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 88,59%. Sedangkan hasil post-test, menunjukkan nilai t_hitung sebesar 2,3946 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 1,9921, maka t_hitung>t_tabel atau 2,3946 > 1,9921, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan LKS berbasis model pembelajaran generatif dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukkan, bahwa LKS berbasis model pembelajaran generatif yang telah dikembangkan memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret, serta dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, Model Pembelajaran Generatif, Barisan dan Deret.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:02
Last Modified: 27 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65835

Actions (login required)

View Item View Item