Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP/MTS

ARNIATI, - (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV ARNIATI.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV ARNIATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Arniati, (2022) : Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP/Mts Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul matematika berbasis pendekatan open ended untuk memefasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs pada materi kubus dan balok yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Humairoh HNN, ahli pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen pendidikan UIN Suska Riau. Objek dalam penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan open ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP/MTs pada materi kubus dan balok. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, modul berbasis pendekatan open ended dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 73,1% . Hasil ujicoba praktikalitas kelompok kecil dengan responden berjumlah 6 orang siswa diperoleh bahwa modul berbasis pendekatan open ended sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 95,62%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Kubus dan Balok, Modul, Pengembangan, Pendekatan Open Ended.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:24
Last Modified: 27 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65833

Actions (login required)

View Item View Item