Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 DUMAI

M. FAHRUN RISKI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
skripsi full KECUALI BAB IV M. FAHRUN RISKI.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV M. FAHRUN RISKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

ABSTRAK M. Fahrun Riski, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. 2) Ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. 3) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran Collaborative Problem Solving dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experiment. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Dumai. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran Collaborative Problem Solving dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran Ekspository Learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan koneksi matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Collaborative Problem Solving dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Collaborative Problem Solving, Kemampuan Koneksi Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:15
Last Modified: 27 Jan 2023 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65831

Actions (login required)

View Item View Item