Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA GUNA MENINGKATKAN PENGUNJUNG MERODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus : Objek Wisata Pulau Kosiok)

LONY GEMARA MARTA, - (2023) USULAN STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA GUNA MENINGKATKAN PENGUNJUNG MERODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus : Objek Wisata Pulau Kosiok). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

USULAN STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA GUNA MENINGKATKAN PENGUNJUNG DENGAN SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS : OBJEK WISATA PULAU KOSIOK) LONY GEMARA MARTA 11750214946 Tanggal Sidang : 15 Desember 2022 Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Email: lonygemaramarta@gmail.com ABSTRAK Objek Wisata Pulau Kosiok merupakan salah satu wisata air yang memanfaatkan sungai Kampar sebagai objek utamanya. Pengelolah Wisata Pulau Kosiok menjual harga tiket masuk untuk sepeda motor seharga Rp. 2000/Motor dan Rp. 5000/Mobil, Objek Wisata Pulau Kosiok mempunyai beberapa fasilitas diantara lain Mushollah, kantin dan gazebo serta wahana pemainan untuk anak-anak.Permasalahan yang dihadapi oleh Objek Wisata Pulau Kosiok adalah mengalami penurunan pengunjung yang disebabkan faktor internal dan eksternal, salah satu yang mempengaruhi faktor internal adalah kurangnya SDM professional dalam pengembangan pariwisata dan kurangnya promosi, sedangkan faktor eksternal adalah banyak wisata saingan yang ada di Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran di Objek Wisata Pulau Kosiok, menetapkan strategi pemasaran Objek Wisata Pulau Kosiok menggunakan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki Objek Wisata Pulau Kosiok sebesar 3,409, sedangkan analisis matrix EFE sebesar 3,442. Hasil matriks IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh membangun, matriks SWOT menghasilkan 5 alternatis Strategi yang dapat dipilih oleh Objek Wisata Pulau Kosiok . berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling disulkan dan diprioritaskan adalah meningkatkan promosi berlanjut dan memanfaatkan teknologi dalam memasrkan objek wisata dengan nilai TAS 6,4 Kata Kunci: IE, QSPM,SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:40
Last Modified: 27 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65785

Actions (login required)

View Item View Item