Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH PEMBEBANAN DAN SUHU LINGKUNGAN TERHADAP SUSUT UMUR TRANSORMATOR (STUDI KASUS PLTG TELUK LEMBU) PEKANBARU

Rahli Fadli, - (2023) ANALISIS PENGARUH PEMBEBANAN DAN SUHU LINGKUNGAN TERHADAP SUSUT UMUR TRANSORMATOR (STUDI KASUS PLTG TELUK LEMBU) PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
LAPORAN FULL (KECUALI BAB4).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL (BAB4&5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Peningkatan energi listrik Indonesia masih disalurkan oleh PT. PLN (persero). Khususnya Pekanbaru, yang merupakan kota dengan penduduk semakin bertambah setiap tahunnya dan kebutuhan akan energi listrik pun menjadi bertambah. Sesuai data BPS pelanggan listrik di pekanbaru pada tahun 2018 tercatat 353.582, ditahun 2019 tercatat 369.429, ditahun 2020 tercatat 403.326 pelanggan listrik. Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan listrik setiap tahunnya meningkat, dengan bertambahnya pelanggan maka semakin besar pula beban terhadap trafo sehingga mempengaruhi kualitas energi listrik. Dengan demikian pentingnya untuk mengurangi terjadinya susut umur transformator agar aliran listrik dapat terus meningkat. Beban memberikan pengaruh yang besar terhadap umur transformator, karena jika pada salah satu fasa beban melebihi batas yang diperbolehkan dapat menyebabkan trafo akan meledak. PT. PLN PLTG Teluk Lembu mempunyai transformator dengan kapasitas 27 MVA yang beroperasi dari tahun 2011 dengan tegangan 150kV/11kV. Berdasarkan wawancara dengan karyawan di PLTG Teluk Lembu, ada beberapa gangguan yang berpengaruh kepada transformator akibat meningkatnya suhu pada transformator yang berakibat pada umur transformator. Untuk mengatasi hal tersebut PLTG Teluk Lembu telah melakukan berbagai usaha dengan memindahkan sebagian beban pada (fasa) yang berat ke (fasa) yang lebih ringan, tetapi belum belum sampai menganalisa pengaruh pembebanan itu akan meningkatnya suhu dan mengurangi umur transformator. Dengan permasalahan tersebut, peneliti akan melakukan penelitian susut umur transformator menggunakan metode trend linear dengan melakukan peramalan terhadap beban 5 bulan sesudahnya pada transformator daya 3 27 MVA. Penelitian yang dilakukan ini ialah penelitian kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perkiraan sisa umur transformator adalah 9,43 tahun pada bulan Januari dengan peramalan pembebanan 19,2539 MVA. Selain itu, temperatur hotspot meningkat seiring dengan kenaikan beban yang menyebabkan semakin besarnya penyusutan umur transformator. Besar susut umur pada transformator yaitu sebesar 0,735 jam/ hari dan perkiraan usia paling lama hingga tahun 2031. Kata Kunci : Susut Umur Transformator, PLTG Teluk Lembu, Trend Linear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:42
Last Modified: 10 May 2023 00:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65771

Actions (login required)

View Item View Item