Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Dampak Kerjasama Pengembangbiakan Ternak Sapi di Desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Kesejahteraan Pengelola.

Yesi Ratna Sari, - (2023) Dampak Kerjasama Pengembangbiakan Ternak Sapi di Desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Kesejahteraan Pengelola. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN ECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

ABSTRAK Yesi Ratna Sari (2022): Dampak Kerjasama Pengembangbiakan Ternak Sapi di Desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Kesejahteraan Pengelola. Penelitian ini dilatar belakangi Kerjasama ternak sapi di desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Kerjasama dalam hukum Islam salah satunya berupa, yaitu akad Mudharabah. Dengan harapan kerjasama ini dapat memberikan dampak kesejahteraan pada masyarakat. Namun fenomena awal yang penulis temukan dilapangan para pengelola yang telah melakukan kerjasama bahwa rumah yang mereka tempati bisa dikatakan kurang layak, masih adanya problem atau masalah dalam kerjasama ini.Rumusan Masalah: Bagaimana pelaksanaan Kerjasama Pengembangbiakan Ternak Sapi di Desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi? Bagaimana Dampak Kerjasama Pengembangbiakan Ternak Sapi di Desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Kesejaheraan Pengelola? Bagaimana Kerjasama Pengembangbiakan Ternak Sapi di Desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi menurut Ekonomi Syariah?. Populasi berjumlah 5 orang pemilik sapi dan 9 orang pengelola sapi, dan sampel diambil dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data observasi,wawancara, Angket dan dokumentasi. menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian Pelaksanaan kerjasama pengembangbiakan ternak sapi menggunakan sistem profit sharing yaitu sistem pembagian hasilnya dihitung berdasarkan jumlah pendapatan pengelola sapi dan dikurangi berapa biaya yang telah pengelola keluarkan dalam usaha ternak sapi tersebut seperti: biaya beban pakan ternak, biaya beban perawatan dan biaya kesehatan ternak. Dengan porsi nisbah dibagi dua atau 60: 40.Namun ,didapat temuan kesepakatan yang terjadi hanya akad lisan dan tidak kontrak tulisan, sehingga berpotensi menimbulkan ketidak jelasan (gharar). Dampak kerjasama dalam mensejahterakan dari indikator yang digunakan bahwa pemenuhan biaya kesehatan keluarga belum terpenuhi secar sempurna. Maka, dapat dikakatakan kesejahteraan dalam program kerjasama ini belum berdampak merata dan baik.dan Tinjauan Menurut Ekonomi Islam yaitu pembagian berdasarkan kesepakatan sesuai.Namun, temuan yaitu akad yang tidak tertulis, Waktu kerjasama yang tidak dibatasi. dan tolak ukur kesejahteraan didapat bahwa dari 9 orang pengelola sapi secara umum mereka memilki rumah yang layak huni walaupun masih ada temua 2 rumah pengelola yang masih sederhana dan berdinding kayu.dan untuk pemenuhun kebutuhan sehai-hari mereka sudah bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga untuk makan Kata kunci : Dampak, Kerjasama, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:37
Last Modified: 27 Jan 2023 08:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65763

Actions (login required)

View Item View Item