Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemilihan Supplier dan Penegendalian Persediaan Bahan Baku Tepung Menggunakan Metode WASPAS (Weighted Agregated Sum Product Assesment) dan metode EOQ (Economic Order Quantity) (Studi Kasus : Usaha Mie Rajawali)

FURQANUL KARIM, - (2023) Pemilihan Supplier dan Penegendalian Persediaan Bahan Baku Tepung Menggunakan Metode WASPAS (Weighted Agregated Sum Product Assesment) dan metode EOQ (Economic Order Quantity) (Studi Kasus : Usaha Mie Rajawali). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Gabungan kecuali BAB 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV Furqannnn.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis Usaha Mie Rajawali merupakan bidang usaha yang bergerak dalam memproduksi berbagai varian mie. Varian mie yang diproduksi yaitu mie kuning, mie ayam, mie sagu, mie tiaw, kulit pangsit, kulit dimsum dan lumpia. Terdapat 3 supplier yang berkerjasama dengan Usaha Mie Rajawali untuk memasok bahan baku tepung terigu. Permasalahan pada Usaha Mie Rajawali Yaitu pemilik usaha tidak menentukan supplier utama pada pembelian bahan baku dan pemilik usaha juga tidak bisa menentukan jumlah persediaan bahan baku yang tepat. Maka dari itu dilakukan perhitungan menggunakan metode WASPAS untuk menentukan supplier yang mampu bekerjasama dengan baik kemudian, melakukan perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) dengan keadaan permintaan yang tidak pasti, untuk mengetahui jumlah yang tepat dan sekaligus biaya yang optimal dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Forecasting untuk mengetahui kebijakan pada masa yang akan datang dan melakukan perhitungan EOQ untuk menentukan jumlah yang optimal dalam pemesanan kepada supplier dan dapat menghemat biaya persediaan. Hasil dari penelitian didapat Toko AJ sebagai prioritas yang paling tinggi untuk dijadikan tempat pembelian bahan baku dengan skor 0,892. Pada perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode Forecasting dan metode Economic Order Quantity (EOQ) jumlah pembelian optimal sebesar 9.139,61 Kg. Safey Stock yang dibutuhkan oleh Usaha Mie Rajawali sebesar 120,64 Kg dan ROP 735,38 Kg. Persediaan maksimum pada Storage sebesar 9.260,25 Kg. Biaya persediaan optimal untuk bahan baku tepung terigu sebesar Rp. 705.818,67 sehingga biaya turun sebesar Rp. 1.402.878,83,.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2023 00:51
Last Modified: 27 Jan 2023 00:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65752

Actions (login required)

View Item View Item