Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDAMPINGAN PROGRAM SANITASI AIR BERSIH LAZnas PERTAMINA HULU ROKAN (PHR) SOUTH AREA TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMANFAATAN SUMUR DI KELURAHAN MINAS JAYA

ZENIA SAFITRIANI LESTARI, - (2022) PENGARUH PENDAMPINGAN PROGRAM SANITASI AIR BERSIH LAZnas PERTAMINA HULU ROKAN (PHR) SOUTH AREA TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMANFAATAN SUMUR DI KELURAHAN MINAS JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB V).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASILM PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)

Abstract

ZENIA SAFITRIANI LESTARI (2023) : PENGARUH PENDAMPINGAN PROGRAM SANITASI AIR BERSIH LAZnas PERTAMINA HULU ROKAN (PHR) SOUTH AREA TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMANFAATAN SUMUR DI KELURAHAN MINAS JAYA Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya pasokan air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari pada masyarakat Kelurahan Minas Jaya. Maka dari itu LAZnas Pertamina Hulu Rokan (PHR) South Area membuat program memfasilitasi air melalui membangun sumur bor yang diiringi oleh kegiatan pendampingan kepada masyarakat. Pada Kelurahan Minas Jaya terdapat sebanyak 13 titk sumur bor, hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada masyarakat agar dapat menajalankan kegiatan sanitasi secara baik di lingkungan masyarakat. Pada fakta lapangan yang didapat oleh penulis, bahwa masyarakat Kelurahan Minas Jaya secara aktif menggunakan sumur bor yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini membuat penulis berasumsi bahwa masyarakat dapat memanfaatkan sumur secara aktif karena adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh para fasilitator program sanitasi air bersih di Kelurahan Minas Jaya. Melalui Penelitian ini akan membahas tentang apakaah adanya pengaruh dari pendampingan program sanitasi air bersih dalam Meningkatkan Partisipasi masyarakat pada pemanfaatan sumur di Kelurahan Minas Jaya. Peneliti menggunakan model kuantitatif yang datanya diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Pada hasil wawancara di temukan dari 13 sumur terdapat 1 sumur yang kurang aktif dalam pengunaannya. Dan untuk mempermudahkan dalam penyebaran konsioner didapatkan data populasi penelitian sebanyak 1539 orang, untuk mempermudah peneliti maka di perlukan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin yang berjumlah 44 responden. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0, 749 (74,9%) berada di interval 0,60-0,799 . Jadi dapat penulis simpulkan variabel independent (Pengaruh Pendampingan Program Sanitasi Air Bersih) yang berarti cukup kuat. Koefisien deterninasi sebesar 0,56 (56%) Sedangkan sisanya 44 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Jadi penelitian ini benar adanya tentang pengaruh dari pendampingan program sanitasi air bersih LAZnas Pertamina Hulu Rokan South Area terhadap peningkatan partisipasi masyarakat pada pemanfaatan sumur di kelurahan Minas Jaya. Kata Kunci : Pendampingan, Partisipasi, Pemanfaatan Sumur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jan 2023 13:42
Last Modified: 26 Jan 2023 13:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65746

Actions (login required)

View Item View Item