Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEWENANGAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEWAJIBAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR MENYALAKAN LAMPU DI SIANG HARI (Studi Kasus Polresta Pekanbaru)

MUHAMMAD TRI AFRIALDY NASUTION, - (2023) KEWENANGAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEWAJIBAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR MENYALAKAN LAMPU DI SIANG HARI (Studi Kasus Polresta Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu Kewajiban kendaraan bermotor adalah menyalakan lampu utama di Siang hari yang diatur dalam Pasal 293 ayat (2) Jo Pasal 107 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Namun faktanya masih banyak pengendara sepeda motor di kota Pekanbaru yang tidak menyalakan lampu utamanya di siang hari, tentu ini belum sesuai dengan peraturan tersebut. Kepolisian juga tidak menjalankan kewenangannya dalam melakukan penegakan hukum terhadap pengendara tersebut menjadikan masyarakat masih banyak yang tidak patuh terhadap aturan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kewenangan kepolisian polresta Pekanbaru dan faktor penghambat dalam melakukan penegakan hukum terhadap kewajiban pengendara sepeda motor menyalakan lampu di Siang hari. Jenis penelitian ini adalah hukum sosiologis, yaitu penelitian yang menganalisis dan mempelajari fungsi hukum dalam masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan analisis data kualitatif kemudian penarikan kesimpulan secara induktif. lokasi penelitian ini adalah kepolisian resort (polresta) kota Pekanbaru di jalan Ahmad Yani, kecamatan senapelan, kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan kewenangannya kepolisian polresta Pekanbaru masih belum maksimal, hal ini dikarenakan pihak kepolisian tidak melakukan penegakannya secara represif. Saat ini kepolisian Pekanbaru lebih banyak memberikan teguran dari pada melakukan penindakan penilangan kepada masyarakat yang melanggar. Adapun hambatan yang dialami diantaranya: kurangnya personel yang bertugas dilapangan, virus Covid-19, dan masyarakat yang masih menggunakan sepeda motor tahun rendah yang lampu utamanya belum menyala otomatis. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di polresta Pekanbaru. Kata Kunci: Kewenangan Kepolisian, Penegakan Hukum, Kewajiban Pengendara Sepeda Motor Menyalakan Lampu di Siang Hari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:49
Last Modified: 27 Jan 2023 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65729

Actions (login required)

View Item View Item