Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KATA YANG HILANG TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII SMP AL- FARUQI DI KAMPAR

NURLATIPAH, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN KATA YANG HILANG TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII SMP AL- FARUQI DI KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURLATIPAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurlatipah, (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning menggunakan media permainan kata yang hilang terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VIII SMP Al- Faruqi di Kampar. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, yang terdiri dari dua variabel yaitu Model Pembelajaran Cooperative Leraning menggunakan media permainan kata yang hilang (X) dan penguasaan mufrodat (Y) di SMP Al-Faruqi Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning menggunakan media permainan kata yang hilang terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VIII SMP AL-FARUQI di Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Cooperative Learning menggunakan media permainan kata yang hilang berpengaruh signifikan terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VIII SMP Al-Faruqi Kampar?. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023, dengan sampel siswa kelas VIII 1 berjumlah 23 siswa dan VIII 2 yang berjumlah 23 siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP ALFARUQI. Adapun objek penelitian adalah penguasaan mufrodat bahasa Arab. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, test dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh dengan menggunakan rumus T hitung diperoleh T hitung (12,257) lebih besar dari T tabel pada taraf signifikansi 5% (2,074) dan t tabel pada taraf signifikansi 1% (2,819) dengan nilai p-value 0,000 (0,05 > p) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti menyimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Cooperative Learning menggunakan media permainan kata yang hilang terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VIII di SMPAl-Faruqi Kampar. Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Media permainan kata yang hilang, dan Penguasaan mufrodat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2023 09:07
Last Modified: 26 Jan 2023 09:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65722

Actions (login required)

View Item View Item